4 Cara Registrasi Kartu XL Lewat SMS dan Online 2020

Cara Registrasi Kartu XL – Apakah Anda salah satu pengguna baru kartu XL? Atau mungkin, Anda pengguna lama provider satu ini? Jika, ya, maka sudahkah Anda melakukan registrasi?

Mungkin bagi sebagian orang registrasi atau mendaftarkan kartu pada pemerintah merupakan hal yang merepotkan. Tak jarang orang malah mengabaikannya begitu saja dan tidak melakukan registrasi sama sekali dengan berbagai alasan tentunya.

Padahal, untuk melakukan registrasi sangatlah mudah, apalagi bagi pengguna XL, yang sudah merupakan provider besar dan terpercaya di bidangnya.

Adanya kebijakan untuk registrasi nomor SIM bukan tanpa sebab, melainkan untuk mencegah berbagai tindakan kriminal yang ada di masyarakat, seperti pencurian data, penyalahgunaan nomor, dan lain sebagainya yang dapat membahayakan para pengguna.

Belum lagi banyaknya kasus serupa yang menimbulkan berbagai kerugian besar karenanya. Oleh sebab itulah, maka pemerintah ingin agar masyarakat bisa saling terhubung dan beruhubungan tanpa rasa cemas karena nomor yang digunakan tidak aman.

Sehingga, dibuatlah peraturan untuk melakukan registrasi baik nomor baru atau pun juga yang sudah lama digunakan. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara registrasi kartu XL yang benar, maka artikel kali ini akan membahasnya. Simak cara dan juga penjelasannya secara teliti, ya!

Sebelum memulai cara-caranya, ada beberapa penjelasan yang perlu Anda ketahui dan pastinya sangat berguna.

Di mana registrasi pelanggan ini sendiri adalah pendaftaran diri dengan mencantumkan identitas yang wajib dilakukan. Baik oleh calon pelanggan prabayar XL maupun yang memang sudah menggunakannya sedari lama.

Pastinya identitas diri ini haruslah valid sesuai dengan yang tercatat pada sipil.

Tujuan dari adanya registrasi ini ialah untuk melindungi masyarakat agar terhindar dari aksi-aksi kejahatan yang melibatkan nomor SIM. Sehingga pemerintah inin memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat sebagaimana mestinya.

Selain itu juga, dengan melakukan registrasi maka Anda akan  mendapatkan berbagai kemudahan dalam hal berkomunikasi tentunya. Tidak hanya itu, cara registrasi nomor XL pun sangat mudah, dan tidak ada alasan untuk Anda tidak melakukannya.

1. Cara Registrasi Kartu XL Lewat SMS

Cara Registrasi Kartu XL Lewat SMS

Cara untuk melakukannya sendiri bisa secara online atau lewat SMS dengan mengirim pesan pada nomor 4444 seperti yang sudah ditetapkan. Di mana calon pengguna baru harus mengetikkan SMS berupa: DAFTAR#NIK#Nomor KK.

Setelah itu kirimkan pesan atau SMS Anda ke 4444 tadi jika sudah dirasa benar dan sesuai. Untuk NIK atau Nomor Induk Kependudukan berikut dengan nomor Kartu Keluarga yang dimasukkan haruslah sesuai.

Pastikan Anda sudah menggunakan KTP atau Kartu Tanda Penduduk elektronik, dan juga Kartu Keluarga yang sudah diperbaharui. Hal ini bertujuan agar data-data Anda valid dan tidak ada kesalahan ketika ada sesuatu atau kendala yang terjadi.

Cara registrasi kartu XL untuk pengguna baru dan lama berbeda, di mana untuk pengguna baru mengetikkan DAFTAR, maka pengguna lama ialah ULANG. Yakni sebagai berikut ULANG#NIK#Nomor KK, dan kembali kirimkan ke 4444.

Contoh Registrasi Lewat SMS

  • Pengguna Baru : DAFTAR#0192873646#46573728292# lalu kirim ke 4444.
  • Pengguna Lama : ULANG#1827456646837#738495059 lalu kirim ke 4444.

2. Cara Registrasi Nomor XL Online

Apakah bisa registrasi kartu XL secara online? Sayangnya saat ini XL Axiata tidak menyediakan layanan registrasi online.

Sebelumnya XL menyediakan situs https://registrasi.xl.co.id yang dikhususkan untuk registrasi kartu prabayar.

Meskipun tidak bisa registrasi secara online, namun kita tetap bisa restrasi lewat SMS dengan cara yang sangat mudah.

3. Cara Registrasi Kartu XL Untuk WNA

Cara Registrasi Kartu XL Yang Hilang Atau Hangus

Kartu XL tidak hanya bisa digunakan oleh Warga Negara Indonesia saja, namun juga Warga Negara Asing (WNA).

Agar bisa menggunakan kartu XL, WNA tetap harus melakukan registarsi. Namun cara registrasi kartu XL untuk WNA berbeda dengan WNI.

Di sini WNA harus datang ke gerai XL terdekat untuk melakukan registrasi secara langsung. Ada beberapa dokumen 

Di mana harus juga membawa dan menyertakan kartu identitas mereka, baik berupa paspor, KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara) atau juga KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap).

Selanjutnya petugas jaga akan membantu untuk mencatatkan nomor tersebut sesuai yang tertera dengan sebenar-benarnya. Tidak lupa juga kewarganegaraan berikut dengan tempat dan juga tanggal lahir.

Jika sudah selesai melakukan registrasi, maka WNA tersebut dapat menggunakan kartu XL nya untuk berbagai keperluan setelah menunggu proses validasi. Begitu juga dengan WNI yang melakukan registrasi, maka harus menunggu terlebih dahulu karena ada proses validasi.

Di mana akan dicek dan dipastikan terlebih dahulu keabsahan data yang dikirimkan dengan yang tercatat di Ditjen Dukcapil. Jika nomor KTP Anda saat melakukan cara registrasi kartu XL di atas tidak terdaftar, maka bisa juga masuk ke website resmi milik Ditjen Dukcapil.

Proses validasi sendiri paling lama memakan waktu 1 x 24jam, dan setelahnya kartu sudah bisa digunakan. Nantinya Anda akan dikirimkan pesan balasan yang menyatakan bahwa nomor tersebut sudah berhasil diregistrasi.

Untuk pelanggan lama, batas terakhir registrasi ini sudah berakhir sejak lama, yakni dari 28 Februari 2018. Namun, jika sudah melebihi masa itu maka bisa hubungi Call Centre XL atau mengganti nomor baru.

Pasalnya, saat mengganti nomor baru maka Anda diharuskan untuk segera registrasi sebelum bisa menggunakannya.

4. Cara Registrasi Kartu XL Yang Hangus

Cara Registrasi Nomor XL

XL Axiata masih memberikan kesempatan bagi pemilik kartu XL yang hagus. Caranya adalah dengan mengunjungi XL Center terdekat yang tersebar diseluruh kota di Indonesia.

Sayangnya tidak semua kartu XL yang hagus dapat diregistrasi kembali. Sebab yang dapat diregistrasi adalah karu yang belum lewat 60 hari dari berakhirnya masa tenggang.

Jika sudah melewati 60 hari berakhirnya masa tenggang maka kartu akan hangus dan tidak bisa diregistrasi ulang. Apabila belum melewati 60 hari maka bisa langsung ke XL Center terdekat dengan membawa persyaratan sebagai berikut.

  1. Kartu Identitas (SIM/KTP/PASPOR)
  2. Kartu XL yang hangus
  3. Reaktivasi dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000
  4. Bagi yang diwakilkan orang lain harus membawa surat kuasa materai 6.000 dan e-TKP asli pemilik kartu dan perawakilan.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara mengaktifkan kembali kartu XL yang hagus. Namun sebelum datang ke XL Center ada baiknya terlebih dahulu menghubungi custumer service XL di nomor 817 (khusus nomor XL) atau 021 – 57959817 (semua operator) untuk memastikan apakah kartu dapat diaktifkan kembali atau tidak. 

Pertanyaan Seputar Regitrasi Kartu XL

Mengapa Harus Regitrasi Kartu?

Tujuan registrasi kartu XL adalah untuk mevalidasi data kepemilikan kartu prabayar sesuai dengan data identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (“Ditjen Dukcapil”).

Apakah Bisa Registrasi Kartu XL Tanpa KK dan KTP?

Tidak bisa. Sebab untuk registrasi nomor XL membutuhkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan 16 digit Nomor Kartu Keluarga

Apa Syarat Registrasi Nomor XL?

Syarat yang dibutuhkan hanyalah nomor Kartu Keluarga dan Nomor Indetitas Kependudukan (NIK) pada KTP

Mengapa Regitrasi Gagal?

Apabila kamu mengalami kendala saat registrasi kartu XL, silakan menghubungi Customer Service XL melalui  customerservice@xl.co.id atau Call Center 817.

Berapa Lama Proses Registrasi?

Proses registrasi membutuhkan validasi data yang berlangsung maksimal 1×24 jam.

Apakah Bisa Registrasi Kartu Yang Hangus?

Bisa, asalkan kartu belum lewat 60 hari dari berakhirnya masa tenggang

Berapa Biaya Registrasi Nomor XL?

Gratis, namun untuk registrasi kartu yang hagus membutuhkan biaya sebesar Rp. 10.000

Apakah Bisa Registrasi Online?

Sayangnya untuk saat ini tidak bisa

Tentunya mudah sekali bukan, cara registrasi kartu XL ini? Anda bisa langsung mencobanya agar nomor SIM XL yang digunakan aman, dan bisa menikmati berbagai kemudahan lainnya. Berkomunikasi pun semakin lancar dan nyaman jika sudah melakukan registrasi.

Cukup sekian informasi seputar cara registrasi nomor XL. Semoga informasi di atas berguna bagi pelanggan XL baru maupun lama. Simak pula informasi sebelumnya mengenai cara unreg kartu XL yang hilang dan cara unreg kartu Simpati.

Tinggalkan komentar